Friday 1 December 2017

ULASAN 1: Syarat-Syarat Kondisi Deadlock

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada pos hari ini, saya akan memuat hal tentang ulasan mengenai video pada situs Youtube yang berjudul "Operating Systems DeadLock Video" (url : https://youtu.be/myomEBjnIDw). Video ini diunggah oleh kanal bernama "Sean Bradford" dan memiliki durasi waktu 5 menit 40 detik. Lisensi video menggunakan lisensi Youtube standard, dan video telah ditonton sebanyak 36159 kali sejak video diulas. 

Pada video tersebut menjelaskan tentang kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya deadlock dan contoh satu tambahan khusus(yaitu permasalahan Dining Philosoper). Kondisi-kondisi tersebut diantaranya adalah : Mutual exclution condition (resource non-shareable), Hold and wait condition(proses sedang  dalam kondisi awal menggunakan resource 1, kemudian ingin menggunakan resource 2 yang sedang digunakan proses lain), No preemption condition(resource baru akan dilepas jika proses selesai mengeksekusi), Circular wait condition(kondisi saling menunggu resource pada proses-proses sehingga terbentuk rantai melingkar menunggu resource).

Video dikemas dengan sangat sederhana dan gaya amatir. Walaupun begitu, video ini dapat menggambarkan kondisi-kondisi deadlock dengan sangat mudah dicerna. Karena dalam pencarian materi yang saya lakukan, sedikit sekali materi yang dapat menerangkan contoh kasus dalam deadlock secara visual. Video ini sangat membantu saya dalam memahami apa itu deadlock dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Saya merekomendasikan video ini bagi para mahasiswa yang mengambil mata kuliah sistem operasi untuk menonton video ini, dengan catatan video ini cocok untuk dicerna apabila telah membaca materi tentang deadlock terlebih dahulu (karena video tidak menjelaskan apa itu deadlock).

URL GIT: https://github.com/dfd19/
URL Ulasan: https://titatatiti.blogspot.com/2017/12/ulasan-1-week-07.html
URL Video : http://youtu.be/myomEBjnIDw (5:40)
Materi : Week07 (Synchronization)
Tanggal Submisi Revisi Pertama : 2 Desember 2017
Tanggal Submisi Revisi Kedua : n/a

-Dennis Febri Dien(1606838193)-


No comments:

Post a Comment

RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2

----------------------------------------- RANKING09 ULASAN PESERTA OS 2017-2 ----------------------------------------- 01. [W09-002] 346 ...